Rabu, 01 Februari 2017

Teknik Cara Mengelas Las Listrik SMAW Dengan Benar

Teknik Cara Mengelas Las Listrik SMAW Dengan Benar - Mengelas merupakan suatu pekerjaan yang menyambung dua logam baik dengan menggunakan bahan tambah atau tidak. Namun untuk mengelas Las Listrik atau Las SMAW kita akan menggunakan bahan tambah yang juga menjadi elektroda. Karena las listrik atau las SMAW ini adalah pengelasan listrik dengan elektroda terumpan atau elektrodanya ikut mencair.


Teknik atau cara mengelas dengan las listrik sangat banyak, ada yang model diayun elektrodanya, ada yang zigzag dan ada juga yang setengah lingkaran. Semua itu tergantung dari kemahiran atau keterampilan dari tukang las atau welder tersebut. Namun semua teknik prinsipnya sama, Anda harus mampu menjaga kestabilan antara kecepatan elektroda dan jarak elektroda terhadap material. Kalau untuk kecepatan itu sebesar 1,5 X Diameter Elektroda itu menurut teori.

Teknik Cara Belajar Mengelas Las Listrik setiap posisi berbeda beda, karena posisi pengelasan berbeda maka membutuhkan keterampilan yang lebih. Oleh karena itu setiap welder atau tukang las yang ingin terjun atau kerja di dunia Industri harus mengikuti sertifikasi atau pelatihan welder. Agar nantinya saat di dunia industri akan terbiasa dan mampu melakukan proses pengelasan dengan baik.
Sertifikasi dan pelatihan welder bisa di Indonesia Welding Association (IWA)
Pengertian Las Argon

Las Argon atau Las TIG ( Tungsten Iner t Gas Welding) atau sering disebut las busur gas elektroda tungsten. Pengertian Las Argon ini adalah salah satu metode yang termasuk paling penting dalam pekerjaan baja paduan tinggi atau high alloy dan logam bukan besi atau non feroous misalnya aluminium, titanium, tembaga, molibdenum dan paduannya. Dengan stabilitas busur yang tinggi, maka las argon atau Las TIG atau Las GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah terbaik dari pada proses las listrik modern lainnya. Hal tersebut terjadi  karena penyebaran panas yang berlebihan pada benda kerja dikurangi dengan penambahan gas pelindung inert yang juga sekaligus gas pendingin.

Las GTAW berasal dari Amerika Serikat, tahun 1936 dikenal sebagai argon arc welding atau las argon. Kemudian pada  awal tahun 1950-an, mulai dikembangkan di Eropa. Di negara-negara berbahasa Inggris,  pengelasan ini disebut  las TIG atau GTAW. Dalam kedua singkatan tersebut ditemukan kata “Tungsten”, dalam bahasa Inggris disebut  Wolfram, didaratan Eropa terutama Jerman atau negara-negara yang berbahasa Jerman, disebut las WIG (Wolfram Inert Gas). Sebutan tersebut muncul karena  karakter komponen yang digunakan, yaitu elektrodanya yang  terbuat dari logam wolfram (tungsten) dan gas pelindung yang digunakan berupa gas inert (netral).

Beli

Koleksi Produk Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar